Anda mudah jatuh sakit? Bisa jadi karena kebiasaan yang tanpa disadari, ternyata merusak sistem imunitas.

Efeknya tentu buruk bagi tubuh, masalah infeksi atau peradangan  akan seringkali dialami.

Tentunya, Anda tak ingin hal ini terjadi. Untuk itu hindari hal-hal yang bisa merusak atau menurunkan efektifitas sistem kekebalan tubuh. Seperti dilansir dari ivillage.com, ada empat hal yang sebaiknya Anda hindari agar tubuh tak mudah terkena penyakit.

1. Minum terlalu banyak alkohol

Minum alkohol terlalu sering dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh. Ini merupakan temuan peneliti dari University of Massachusetts Medical School di Worcester.

Konsumsi alkohol secara berlebihan membuat tubuh rentan terhadap infeksi dan penyembuhan luka yang buruk. Termasuk meningkatkan risiko penyakit jantung, hati, dan pankreas.

“Ini (alkohol) tidak bagus untuk perkembangan sel darah putih (yang melindungi tubuh terhadap penyakit menular),” kata Neil Schachter, MD, profesor kedokteran di Mount Sinai School of Medicine.

2. Banyak mengonsumsi makanan berlemak tinggi

Konsumsi makanan berlemak tinggi dapat membuat kerja sel sistem kekebalan tertentu, lebih lamban dan kurang fungsional. Hal ini mengurangi kemampuan sel melindungi Anda dari penyakit. Untungnya, mengurangi konsumsi makanan berlemak bisa meningkatkan kekebalan tubuh secara cepat.

Peneliti di Tufts University menganalisis efek dari kebiasaan makan khas Barat, yang menunya mengandung 38 persen lemak. Lalu, mereka membandingkannya dengan dengan diet penurun kolesterol dengan 28 persen lemak, pada fungsi kekebalan tubuh. Diketahui, membatasi konsumsi makanan berlemak meningkatkan fungsi sel T, sejenis sel darah putih yang membantu menangkal infeksi.

3. Tak suka bergaul
Jangan pernah membiarkan kesepian terlalu lama Anda rasakan. Menurut penelitian tim dari Carnegie Mellon University di Pittsburgh, mahasiswa kesepian dengan teman yang sedikit memiliki antibodi yang lemah dan respon terhadap vaksin flu menjadi buruk. Pertimbangkanlah untuk berkumpul dengan teman-teman sepulang kerja atau pada akhir pekan.

4. Polusi suara
Suara bising telah lama diketahui sebagai pemicu stres dan seringkali Anda tak bisa mengontrolnya. Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa paparan kebisingan dapat menekan fungsi kekebalan tubuh pada tingkat sel, dan menimbulkan respon antibodi. Hal ini dapat meningkatkan kerentanan Anda terhadap penyakit dan infeksi. (umi)

• VIVAnews