Idealnya, kita minum air minimal 8 gelas per hari. Anjuran ini sudah sangat sering diungkapkan para ahli. Selain agar terhindar dari dehidrasi, kita perlu mencukupi kebutuhan air demi membantu metabolisme. Tak lupa, untuk memperlancar proses pencernaan di tubuh.

Namun, terkadang kita lupa bahwa jumlah minimal yang disebut itu mengacu pada air putih, bukan air jenis lain. Melegakan dahaga dengan es teh manis, jus buah, es sirup, es kopi, soda diet, ataupun minuman berisotonik, sebenarnya tak termasuk dalam upaya memenuhi kebutuhan cairan 8 gelas per hari. Justru, studi dari University Texas Health Science Center memperlihatkan, orang yang minum soda diet setiap hari selama tujuh tahun, punya potensi sebesar 41 persen untuk bertambah berat badan. Ini dibandingkan dengan mereka yang tak minum soda. Itu bisa terjadi karena segala minuman yang rasanya manis mengandung kalori. Jika kita mengonsumsinya secara rutin, pasti akan mempengaruhi berat badan.

Yang semestinya dilakukan:
Biasakan minum air putih kapan pun dan dimana pun. Termasuk saat kita makan di restoran. Jika kita penyuka teh atau kopi, bukan berarti harus menghindarinya sama sekali. Boleh saja kita mengonsumsi kedua minuman itu, asal tidak ditambahkan gula. Beralih pada gula buatan atau yang rendah kalori juga bukan solusi terbaik. Untuk menambah rasa pada air putih, kita bisa menambahkan perasan lemon. Ini sudah pasti aman dan tidak berbahaya bagi berat badan.

sumber : http://female.kompas.com/read/xml/2010/06/25/22403832/Setelah.8.Gelas.Air.Putih..Baru.Minum.yang.Lain-12

Advertisements