Setiap pekerja tentu ingin mendapatkan penghasilan yang lebih baik. Jika saat ini Anda sedang dalam proses tawar-menawar gaji dan ingin mendapatkan yang terbaik, ketahui cara bernegosiasi yang tepat. Hal itu karena juga terkait dengan kepribadian dan gaya kerja Anda. Ketahui cara bernegosiasi gaji sesuai kepribadian Anda berdasarkan zodiak, seperti dikutip dari Payscale.com.

– Capricorn (23 Desember – 20 Januari)Sebagai seorang Capricorn, Anda akan bekerja keras untuk uang. Sebab, Anda tergolong pekerja ambisius sekaligus sabar, pada beberapa hal Anda akan mengerjakan sesuatu tanpa disuruh. Maka itu, dalam melakukan negosiasi gaji sebaiknya gunakan pendekatan praktis, dan jangan hanya mengumbar omong kosong. Anda bisa menghadap ke atasan dengan membawa untuk mengajukan keinginan Anda.
– Aquarius (21 Januari 21 – 19 Februari)Anda memiliki pemikiran original dan kreatif, tetapi lebih memilih bekerja sendiri. Sebelum memasuki pembahasan tentang gaji, pastikan Anda telah menunjukkan kemampuan Anda untuk bekerja baik dengan orang lain. Dan, biarkan atasan untuk memimpin negosiasi.
– Pisces (20 Februari – 20 Maret)Percayalah pada intuisi. Jika Anda merasa berhak untuk mendapatkan gaji lebih, lakukanlah. Tapi, ajukan dengan persiapan matang. Ketahui apa yang Anda inginkan sebelum bertanya. Setelah itu bertanyalah dengan penuh percaya diri. Jika atasan Anda tidak memenuhi kebutuhan Anda, pertimbangkan untuk mencari peluang yang lebih baik di tempat lain.
– Aries (21 Maret – 20 April)
Anda cukup tenang dan percaya diri, tetapi bisa menjadi impulsif dan tak sabar. Taktik negosiasi gaji akan Anda rencanakan dengan baik. Ketahui dengan jelas apa yang Anda rencanakan untuk dikatakan dan pastikan jadwal pertemuan untuk berdiskusi soal gaji. Jangan mendekati atasan Anda pada akhir pertemuan atau di lorong kantor. Anda ‘juara’ dalam mencetuskan sesuatu. Dengan rencana, waktu dan tempat Anda bisa meyakinkan atasan.
– Taurus (21 April – 21 Mei)Anda tidak akan mendapatkan kenaikan gaji kecuali Anda mengajukan. Sadarilah bahwa kata ‘tidak’ adalah yang terburuk yang bisa terjadi. Gunakan naluri bisnis alami Anda untuk pendekatan diskusi, misalnya meminta atau setidaknya menanyakan kemungkinan secara langsung. Dan jika permintaan Anda ditolak (atau Anda tidak mendapatkan sesuai harapan), jangan biarkan emosi mengontrol segalanya.

– Gemini (22 Mei – 21 Juni)

Anda senang berbicara, dan kefasihan serta ‘pesona’ yang dimiliki dapat bermanfaat untuk mendatangkan uang. Kondisikan percakapan tentang kebutuhan Anda sehari-hari dan usaha yang sudah dilakukan untuk perusahaan. Setelah itu biarkan atasan yang bicara. Anda akan menemukan informasi lebih lanjut dalam cara ini dan lebih mampu bernegosiasi. Diam dapat menjadi strategi yang sangat efektif.

– Cancer (22 Juni – 22 Juli)

Meskipun Anda terlihat acuh, tetapi sebenarnya Anda adalah orang yang sensitif. Anda sangat berhati-hati dan tidak konfrontatif. Cara itu dapat menjadi penghalang dalam  endekati atasan terkait kenaikan gaji. Ingat, bisnis adalah bisnis. Jauhkan emosi Anda dan berdiskusilah seprofesional mungkin terkait kenaikan gaji.
– Leo (23 Juli – 21 Agustus)
Sebagai pemilik bintang ini, Anda sangat percaya diri dan pengontrol diri yang andal. Anda sangat tahu apa yang diinginkan dan bagaimana mendapatkannya. Hal ini yang menentukan bagaimana Anda berdiskusi dan sukses mendapat kenaikan gaji. Cari tahu apakah ada skala gaji untuk posisi Anda, kemudian ketahui apa yang orang lain lakukan dalam posisi tersebut. Permintaan boleh tinggi, tapi harus realistis.

– Virgo (22 Agustus – 23 September)

Jangan khawatir tentang cara Anda mendapatkan yang terbaik ketika meminta kenaikan gaji. Sebelum mendekati atasan, tulis semua prestasi dan kontribusi (akan lebih baik lagi, jika Anda menulis prestasi dalam setahun). Tinjau kembali daftar prestasi sebelum membahas gaji dengan atasan.
– Libra (24 September – 23 Oktober)
Sebagai Libra, tuntutan keadilan yang Anda miliki luar biasa. Tapi, keengganan untuk mengejarnya mencegah Anda mendapat lebih banyak uang, bahkan ketika Anda sangat layak mendapatkannya. Bersikaplah tegas dan minta apa yang Anda inginkan. Jika Anda mendapatkan apa yang menurut Anda pantas, itu sangat baik. Jika tidak, Anda tidak mungkin ada di sana.
– Scorpio (24 Oktober – 22 November)Karena tidak suka (dan dengan mudah dapat mendeteksi) pujian dangkal, Anda lebih menghendaki melihat hasil pekerjaan dalam bentuk uang tunai. Keterusterangan Anda cukup baik, hanya saja tidak bisa menunggu. Berbicaralah dengan diplomasi yang baik dan tutupi emosi Anda ketika mendiskusikan soal gaji dengan atasan.
– Sagitarius (23 November – 22 Desember)Anda mahir dalam beradaptasi di segala situasi sosial, jadi gunakan hal itu saat negosiasi kenaikan gaji. Sebagai musafir alami, Anda juga merupakan kandidat yang sempurna untuk bentuk-bentuk kompensasi alternatif. Jadilah fleksibel dan bersedia untuk mempertimbangkan pilihan lain. Mungkin satu minggu liburan tambahan akan lebih berharga daripada uang.