Jakarta-Banyak orang langsung menyalakan pendingin ruangan (AC) usai menyalakan mesin mobil. Tindakan tersebut ternyata salah dan dapat membahayakan kesehatan anda.

Jika anda memasuki mobil, segera buka jendela mobil anda, dan jangan mengaktifkan penyejuk mobil secepatnya.

Menurut penelitian yang dilakukan, dashboard mobil, sofa, penyegar udara memancarkan Benzene.

Selain menyebabkan kanker, Benzene akan meracuni tulang anda, menyebabkan anemia, dan mengurangi sel darah putih. Eksposur berkepanjangan akan menyebabkan leukemia, meningkatkan risiko kanker juga dapat menyebabkan keguguran. Benzene ini tergolong senyawa karsinogenik alias pemicu kanker

Benzene adalah toksin yg menyerang hati, ginjal, paru-paru, jantung dan otak dan dapat menyebabkan kerusakan kromosonal. saat ini sedang diadakan penelitian tentang pengaruh benzene terhadap tingkat kesuburan pria dan wanita.

Benzene adalah racun yg berbahaya karena tubuh kita kesulitan untuk mengeluarkan jenis racun ini.

Benzene diterima dalam ruangan tingkat adalah 50 mg per meter persegi. Sebuah mobil yang diparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup akan mengandung 400-800 mg Benzene.

Jika parkir di luar ruangan di bawah matahari pada suhu diatas 60 derajat fahrenheit, tingkat Benzene naik menjadi 2.000-4.000 mg, sama saja naik 40 kali lebih banyak.

Orang-orang di dalam mobil pasti akan menghirup sejumlah racun yang berlebih.

Maka dari itulah, sebelum mobil dan penyejuk mobil dinyalakan, lebih baik buka semua jendela mobil anda dan beri waktu interior mobil untuk menghirup udara segar.

sumber : http://www.inilah.com