Browser yang menggunakan logo rubah api ini memang terkenal cepat dan paling bagus untuk saat ini. Sayangnya si rubah api ini terkadang terlalu rakus memakan memory usage yang banyak sehingga kecepatan loading terkadang terhambat oleh kurangnya memory yang tersedia ketika firefox ini diaktifkan. Terbukti ketika saya mencoba loading page yang penuh dengan flash terpisah seperti contohnya detik.com yang iklannya banyak performance firefox ini terasa lambat.
Berikut ini tips dan trik cara optimisasi firefox agar browsing lebih cepat (responsif) dan juga agar mengurangi konsumsi penggunaan memory yang memang sering menggangu.

decoration: underline;”>Optimisasi Firefox agar browsing lebih cepat (responsif).

Ketik “about:config” tanpa tanda kutip pada halaman firefox, kalau ada peringatan silahkan klik “I’ll be carefull, I promise!” kemudian cari preferences dengan nama:
network.http.pipelining
network.http.proxy.pipelining
network.http.pipelining.maxrequests
Edit beberapa bagian yang diperlukan saja:
network.http.pipelining => Value True
network.http.proxy.pipelining => Value True
network.http.pipelining.maxrequests => Value 30
Klik kanan pada sembarang bagian putih dari layar config lalu pilih New -> Integer -> Beri nama “nglayout.initialpaint.delay” isi dengan value 0 (nol)
Optimisasi Firefox agar konsumsi memory rendah.
Klik kanan pada sembarang bagian putih dari layar config lalu pilih New -> Integer -> Beri nama “browser.cache.memory.capacity” isi dengan value 16384 (artinya hanya 16MB RAM yang akan di pakai firefox)
Advertisements