Belakangan ini mungkin kita sering mendengar mengenai koneksi HDMI (High-Definition Multimedia Interface). Apa sih itu sebenarnya?

HDMI adalah sebuah kabel HD untuk menghubungkan beberapa peralatan elektronik mulai dari home entertainment sampai komputer tetapi bedanya HDMI bisa menggantikan fungsi beberapa kabel sekaligus.

Contoh paling mudahnya seperti ini, bila anda ingin menghubungkan DVD player dengan TV, biasanya minimal anda butuh 2 kabel yaitu kabel untuk audio dan satu lagi kabel untuk video. Dengan HDMI maka kedua kabel tersebut bisa digabungkan menjadi satu sehingga instalasi lebih mudah dan tidak repot.

Dengan kabel HDMI maka ada beberapa transmisi yang bisa dilakukan yaitu pengganti kabel video, kabel suara/ audio dan terakhir adalah data.

Keberadaan HDMI disini tidak terbatas hanya sebagai kabel serba bisa tetapi juga mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan kabel biasa yaitu:

Kecepatan
Mempunyai kecepatan transfer data sampai 10.2 GB per detik sehingga   akan menghasilkan kualitas gambar dan suara yang lebih baik.

Komunikasi 2 arah
HDMI juga mampu berkomunikasi secara 2 arah sehingga antara alat yang satu dengan yang lainnya dapat berinteraksi. Dalam hal ini, misal sebuah HDTV (High Definition TV) dengan DVD Player, singkatnya dapat saling berkomunikasi untuk mendapatkan setting terbaik agar gambar tampil secara optimal.

Penggunaan kabel HDMI tentu saja tidak bisa digunakan secara langsung karena sebelumnya anda harus memastikan bahwa alat yang anda miliki sudah mendukung koneksi HDMI ini. Tetapi seiring perkembangan teknologi ini sendiri, koneksi HDMI akan menjadi koneksi standar seperti sebuah koneksi USB yang sudah ada di semua komputer.

Perkembangan terakhir dari teknologi HDMI ini yang ditandai dengan peluncuran HDMI ver. 1.4 yang mampu menjadikan kabel HDMI sebagai  pengganti kabel ethernet.

Tetapi mungkin sebagai kabel data, HDMI memiliki satu kekurangan yaitu panjang kabel HDMI ini sendiri direkomendasikan antara 7 – 30 m saja sedangkan untuk lebih dari itu, dibutuhkan alat tambahan lain.

Semoga artikel ini cukup berguna. :-)

sumber : Posted on September 10th, 2009 by Otakku.com