Untuk menciptakan hunian yang nyaman. Penataan ruangan dan pemilihan tema dalam setiap ruangan memegang peranan yang sangat penting. Penantaan interior juga akan membangun aura dalam hunian, karena keberadaan desain ikut memengaruhi kesan estetika yang terpancar dalam sebuah rumah.

Bukan hanya itu, kesesuaian pilihan elemen dan perabot yang digunakan juga memberikan pengaruh pada tampilan visual. Misalnya saja pemilihan furnitur seperti sofa.

Sebuah sofa berfungsi sebagai tempat duduk pada umumnya, tetapi sofa juga dapat menjadi sarana bersantai anggota keluarga untuk bercengkrama dan tentunya dapat membuat sesama anggota keluarga lebih dekat. Lantas bagaimana caranya menghadirkan sofa agar terlihat nyaman dan cozy?

Sofa biasanya ditempatkan di area publik atau elemen ruangan yang biasanya digunakan bersama-sama penghuni rumah lainnya. Beberapa ruangan yang biasa ditempatkan sofa adalah ruang tamu dan ruang keluarga.

Namun jika Anda masih ingin bersantai di ruang tidur, penempatan sofa di dekat ranjang tidur dapat memberikan kesan berbeda. Agar tetap fungsional dan mampu meningkatkan estetika dalam ruangan, pemilihan sofa hendaknya disesuaikan dengan ukuran ruangan.

Ukuran ruangan yang cenderung terbatas justru menjadi tantangan dalam memilih sofa sebagai salah satu elemen penting dalam ruangan. Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya persiapkan jenis dan ukuran sofa sebelumnya. Dengan kata lain, jenis sofa yang digunakan merupakan sofa built-in yang sengaja didesain sesuai ukuran dan tema ruangan.

Aplikasi sofa pada ruangan yang mengusung desain klasik modern tentu berbeda dengan berdesain modern minimalis. Ruangan yang mengusung desain klasik dengan ukuran yang lebih lapang, biasanya menggunakan sofa dengan ukuran yang lebih besar. Tak hanya itu, warna-warna yang digunakan pun merupakan warna warna lembut, seperti krem, cokelat atau putih bergradasi.

Aplikasi sofa pada rumah berdesain klasik justru lebih efisien dan berhati-hati. Kesan efisien dalam pemilihan sofa ini dapat tercermin dari ukuran sofa yang lebih kecil. Penempatannya pun biasanya tidak sebanyak pada rumah yang mengusung desain modern klasik. Beberapa ruangan seperti ruang tamu dan ruang bersantai merupakan area yang bisa ditempatkan sofa sebagai elemen ruangan. Agar memberikan tampilan atraktif dan tak terkesan sempit, penempatan sofa pada rumah modern minimalis haruslah disesuaikan tema umum ruangan.

Dinamisasi ruangan melalui sofa pada rumah berdesain modern minimalis dapat diperoleh dengan pemilihan jenis sofa yang memiliki warna-warna yang lebih terang dan berani. Beberapa sofa dengan warna terang seperti hijau, pink, lime, oranye, merah bata ataupun jingga hanyalah beberapa contoh warna yang bisa diaplikasikan.

Agar lebih atraktif, lebih baik menggunakan sofa dengan warna yang lebih terang dan ceria. Untuk mengakomodasi kesan atraktif serta efisien, desain sofa pada rumah modern minimalis biasanya lebih sederhana. Selain minim lekukan, sofa yang digunakan memiliki bentuk yang lebih sederhana. Kesan sederhana ini dapat tercermin dari bentuk sofa yang serba siku dan simetri.
(af1/fer)