Jika ingin mengetahui lebih jauh mengenai kepribadian asli rekan kerja Anda, tidak usah repot-repot mewawancara, menyuruhnya mengisi kuis, bahkan melakukan ‘penerawangan’ layaknya cenayang. Cukup lirik saja meja kerjanya, disanalah gambaran tentang orang seperti apakah dia terpampang jelas. Penelitian yang dilakukan oleh sebuah agen rekrutmen terkemuka menyebutkan bahwa meja kerja Anda dapat menyingkap watak asli, kebiasaan, dan ambisi, sang empunya. Bagaimana bisa? Yaitu dengan melihat benda-benda yang terdapat di atasnya. Orang yang meja kerjanya rapi dan bersih tanpa adanya pernak-pernik apapun sedikit banyak memiliki keperibadian yang berbeda dengan orang yang hobi memajang koleksi action figure di setiap sudut meja kerjanya. Berdasarkan cara tersebut, didapat enam kepribadian yang rinciannya adalah sebagai berikut:

Meja Super Rapi. Tidak ada yang namanya kertas berserakan, post-it yang tertempel disana-sini, atau boneka lucu yang mejeng di atas komputer, nothing. Yang terlihat hanya notes, alat tulis dan peralatan kerja seperlunya. Kondisi meja seperti ini menampakkan quite power yang dapat mengintimidasi, kehati-hatian/waspada (mungkin untuk menyamarkan pengalaman kurang mengenakkan dimasa lalu) karena kurang mendapatkan penghargaan. Pemilik meja ini orang yang moody, ingin merasa dibutuhkan, charming, dan bisa diandalkan. Sekalipun kerjanya bagus, ia cenderung tidak sabaran dan tidak mentoleransi kesalahan sehingga pantas kalau ia bukanlah team player dan lebih suka bekerja sendirian.

Meja Teratur tapi Berantakan.
Maksudnya sang pemilik berusaha untuk terlihat rapi tapi terkadang tidak berhasil. Ia akan panik jika pekerjaannya tidak berada dalam jangkauan, sehingga menciptakan filing system berupa tumpukan kertas yang lama-lama menggunung. Kertas reminder ditempel rapi, tapi saat keadaan chaos, yang diperlukan akhirnya tidak ditemukan. Orang seperti ini sering melepaskan stres dan kekhawatirannya dengan minum kopi atau merokok sebab ia selalu bekerja keras. Mereka suka mengobrol, mudah beradaptasi, fleksibel, serta jago menghasilkan ide-ide brilian.

Meja Berantakan Kreatif.
Biasanya diisi dengan pernak-pernik yang menunjukkan minat si pemilik serta sikapnya yang selalu alert dan kreatif. Orang ini merupakan sumber dari ide-ide hebat dan merupakan seorang pemikir lateral. Sangat fokus dengan pekerjaan sampai-sampai tidak punya waktu untuk bersosialisasi atau istirahat.

Meja Unjuk Personalitas.
Sarat akan sentuhan personal, seperti poster seleb favorit, foto-foto liburan, boneka lucu, tanaman, sampai aksesoris. Pemilik meja ini sangat lively, dinamis dan selalu ingin penyegaran. Mereka haus akan hiburan setiap saat. Orangnya mudah bergaul, suka bicara, namun ternyata mudah down sehingga selalu memerlukan pujian dan dukungan.

Meja Tropi.
Penuh dengan bukti dan jejak-jejak kesuksesan sang pemilik. Tidak harus selalu berupa piagam penghargaan atau medali, karena terkadang foto liburan ke Eropa atau souvenir pajangan mahal cukup memberi bukti bahwa ia telah meraih kesuksesan. Meja seperti ini biasanya ditempati oleh team leader yang selalu berpikir besar, ambisius, dan terkadang bossy.

Meja Pertunjukkan.
Meja ini menggambarkan image yang keliru tetang pemiliknya. Tidak adanya sentuhan personal sama sekali memberikan jarak dan kesan pengendalian. Biasanya orang seperti ini memiliki dua sisi kepribadian. Ia hanya bergaul dengan orang-orang dalam komunitasnya, sebab saat kembali bekerja di balik meja, ia akan berubah menjadi sangat profesional.

Nah, setelah membaca uraian di atas, yang manakah yang paling mendekati kepribadian Anda? Sekalipun Anda ingin terlihat dan berlaku profesional di tempat kerja, kepribadian Anda akan selalu tercermin dalam setiap hal yang Anda lakukan. Meja kerja Anda adalah salah satu yang menjadi jendela bagi orang lain untuk menggintip siapakah diri Anda yang sebenarnya.

sumber : vivanews