Hari ini Intel Corporation mengumumkan selusin model netbook terbaru yang menggunakan prosesor mobile dual-core Intel Atom, telah tersedia di pasaran.

Produk-produk tersebut merupakan netbook keluaran produsen seperti Acer, Asus, Fujitsu, Lenovo, LG, Samsung, MSI, and Toshiba.

“Konsumen semakin meminati berkomputasi dengan netbook,” kata Jason Lim, Presiden Direktur Acer Indonesia, pada keterangannya, 23 Agustus 2010. “Kini netbook masuk ke kategori ‘PC yang diinginkan’ sebagai pelengkap PC desktop dan laptop,” ucapnya.

Saat ini, menurut data Intel, sekitar delapan juta netbook dikirim ke pasaran perkuartal.

“Intel berharap angka ini dapat tumbuh bersamaan dengan para pembuat komputer besar menambahkan model-model terbaru,” sebut Erik Reid, Chief Marketing for Mobile Platform Intel Corporation, pada kesempatan yang sama.

Dalam waktu singkat, kata Reid, kategori netbook telah mengalami pertumbuhan yang pesat. “Sejak peluncuran perdananya, April 2008 lalu, Intel telah memasarkan sekitar 70 juta chip Atom,” kata Reid. “Ini jelas menunjukkan besarnya pasar untuk perangkat ini di seluruh dunia,” ucapnya.

Netbook Atom terkini yang dipasarkan sudah menggunakan prosesor dual core Intel Atom N550. “Dengan prosesor ini, konsumen bisa menikmati akses internet yang lebih responsif menggunakan produk yang sama ringkas dan sama hemat energinya dengan notebook Atom N450,” klaim Reid.

• VIVAnews