Bagi Anda yang memiliki karier sebagai juru bicara, keterampilan berkomunikasi mutlak dimiliki dan perlu terus diasah. Berbagai cara mengasah kemampuan ini semakin terbuka lebar, salah satunya dengan mengikuti berbagai workshop komunikasi publik.

Keahlian Anda, sebagai juru bicara, akan menentukan sejauhmana pesan dari perusahaan dan atau organisasi bisa tersampaikan efektif kepada publik. Terutama bagi Anda yang bekerja pada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dengan berbagai isu sosial maupun lingkungan. Sebuah isu tak akan mudah disampaikan dengan optimal bila tidak ada keahlian membangun kepercayaan dan kelihaian berkomunikasi dengan target audience.

Hal inilah yang dilakukan Maverick dan Oxfam GB. Kedua perusahaan berbeda genre ini memberikan pelatihan gratis kepada 14 juru bicara dari tujuh LSM di Indonesia. Kemampuan komunikasi menjadi penting bagi pekerja sosial ini.

Penyelenggara menilai dengan adanya komunikasi publik yang baik, transparansi dan akuntabilitas LSM pun bisa ditingkatkan. Akhirnya, tak hanya pesan sosial yang bisa diterima khalayak. Kepercayaan masyarakat pun bertumbuh dengan ditopang komunikasi publik yang tepat.

Juru bicara yang memiliki keterampilan komunikasi optimal, dapat membantu tujuan kampanye organisasi. Selain itu juga mendapatkan simpati publik yang berujung pada dukungan masyarakat pada aktivitas advokasi organisasi. Inilah mengapa pekerja LSM perlu selalu mengasah kemampuannya menyampaikan pesan kepada publik.

Melalui forum seperti inilah, Anda berkesempatan berbagi pengalaman dan teknik berkomunikasi dengan pakar di bidangnya, atau rekan lain yang memiliki jam terbang lebih tinggi. Sebagai juru bicara, Anda tentu berkeinginan mengajak publik untuk mendengarkan, memahami, bahkan menjalani program yang sudah terencana dengan matang. Selain itu juga melihat banyak orang mendapatkan manfaat darinya.
WAF

Editor: Dini