Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, meletus pada pukul 04.30 Wib, Jumat, 3 September 2010. Letusan ini membuat panik warga yang mengungsi di desa Perteguhan Kecamatan Simpang Empat, Karo.

Sebelum letusan terdengar bunyi gemuruh yang kuat. Gemuruh ini terjadi selama sekitar  satu menit. Namun dari pantauan VIVAnews di di desa Perteguhan tidak terlihat semburan lava.

Yang terlihat hanya asap tebal membumbung ke atas. Debu belum turun ke desa-desa di kaki gunung. Semua pengungsi yang ada di desa Perteguhan terbangun dan beberapa ada yang panik. Mereka berteriak-teriak namun ada juga yang bisa tenang sambil melihat ke arah gunung yang sedang menunjukkan kekuatannya.

Sejak tadi malam sekitar pukul 22.00 Wib warga yang menjaga keamanan kampung dan belum ikut mengungsi sudah dievakuasi. Mereka mendapat informasi adanya peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Sinabung.

Berdasarkan informasi dari Kepala Pusat Vulkanologi  dan Bencana Geologi Surono, peningkatan aktivitas Sinabung terjadi sejak 19.30 Wib kemarin. Informasi ini membuat warga bergegas menuju Desa Perteguhan. Ada juga yang mengungsi ke Brastagi dan Kaban Jahe. (umi)

Laporan| PRB/Medan

• VIVAnews

Advertisements