Setiap orangtua pastilah ingin memiliki anak yang pintar dan cerdas. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kecerdasan anak, salah satunya sejak bayi masih dalam kandungan.

Sebesar 20 persen tingkat kecerdasan anak dipengaruhi oleh lingkungan dan stimulasi (rangsangan) pada saat periode emas masa pertumbuhannya. Tapi tak bisa dipungkiri, perkembangan kecerdasan anak sudah dimulai sejak masih dalam kandungan.

Dilansir dari GeniusBeauty, Senin (6/9/2010), berikut beberapa faktor penting yang dapat meningkatkan kecerdasan anak sejak masih dalam kandungan:

1. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 sangat penting untuk perkembangan otak janin dan penglihatan anak. Wanita hamil sebaiknya makan banyak ikan yang kaya akan omega-3 atau mengonsumsi suplemen khusus omega-3.

2. Kolin

Zat ini memainkan peran penting dalam pengembangan kemampuan daerah otak yang bertanggung jawab untuk memori dan belajar. Wanita hamil dianjurkan untuk mengonsumsi 450 mg kolin, sedangkan ibu menyusui adalah 550 mg setiap hari. Kolin sangat banyak di daging sapi, telur dan produk susu.

3. Kesehatan gigi ibu selama hamil

Seorang wanita hamil yang menderita periodontitis (peradangan atau infeksi gusi) atau masalah gigi lainnya memiliki risiko yang lebih tinggi memiliki bayi prematur atau kurus. Kondisi ini pada gilirannya, membuat bayi berisiko lebih tinggi mengalami kesulitan belajar.

4. Stres

Penelitian telah menegaskan bahwa ketika ibu hamil mengalami stres yang tinggi, menyebabkan berkurangnya aliran darah ke rahim, sehingga menghambat perkembangan otak pada bayi.

Oleh karena itu, hindari stres pada saat hamil atau jika Anda memiliki beberapa masalah yang mnegkhawatirkan selama kehamilan, segeralah cari bantuan untuk dapat cepat menyelesaikannya.

sumber : detikhealth