PSMS Medan harus bersiap tanpa peran playmaker sebagai penyuplai bola-bola matang untuk para striker. Posisi yang tidak dimiliki skuad Ayam Kinantan dalam dua musim terakhir.

Setelah memutuskan untuk memulangkan playmaker asal Chile, Alejandro Tobar, PSMS juga dipastikan tidak akan mendapatkan Gustavo Chena. Kepastian itu disampaikan sekretaris umum PSMS, Idris SE.

Ditemui usai laga ujicoba kontra Gumarang FC di Stadion Teladan Medan malam ini, Idris mengakui Chena gagal diboyong kembali ke Medan. Gelandang asal Argentina itu memutuskan untuk memperpanjang kontrak dengan PSIS Semarang.

Padahal sebelumnya Idris cukup optimis untuk merekrut mantan bintang PSMS di Ligina 2007 itu. Kapasitas Chena diyakini Idris bisa melebihi Tobar yang fisiknya diragukan tim pelatih. “Awalnya dia memang bilang mau bermain disini. Tapi apa boleh buat dia sudah memperpanjang kontrak dengan PSIS,” tambahnya.

Alhasil kondisi ini berimbas buruk untuk PSMS. Meskipun kerap mempermasalahkan lini depan yang belum juga mendapatkan striker asing berkualitas, tak dipungkiri peran playmaker juga penting. Apalagi striker tidak akan bisa berbuat banyak tanpa suplai matang seorang playmaker.

Hal itu pun diakui Idris. Kehilangan Tobar sangat terasa pada ujicoba kontra Gumarang tadi sore yang berakhir imbang. “Memang kita tidak melihat adanya dukungan dari lini tengah kepada dua striker. Ya, kita cukup kehilangan peran Tobar (playmaker-red) di lini tengah. Hanya saja apakah mereka menyadari,” tambahnya.

Kebutuhan akan sosok playmaker diakui Idris harus segera terpenuhi. Untuk itu pihaknya sedang berusaha mencari penggantinya. Nama Sretko Mitrovic disebut-sebut sebagai pengganti yang sepadan. Pemain asal Bosnia-Herzegovina itu diketahui belum pernah merumput di Liga Indonesia.

Nasib duo striker asing, Amos Marah Kilmet dan Roberto Acosta, pun belum diputuskan. Menurut Idris, performa keduanya perlu dipantau lagi di laga ujicoba dan itu baru bisa dilakukan usai lebaran karena mulai Rabu ini pemain diliburkan menyambut Idul Fitri.

“Kita butuh memantau lagi performa mereka di ujicoba. Ya akan kita putuskan usai lebaran. Karena kita tidak bisa menilai secara instan. Apalagi kondisinya saat ini pemain letih,” pungkas Idris.

Editor: AUSTIN ANTARIKSA TUMENGKOL
waspada.co.id