Sudah mencoba versi beta dari Internet Explorer 9 (IE9) besutan Microsoft? Jika belum, berikut adalah lima alasan mengapa browser ini patut dicoba.

Dilansir detikINET dari blog computerworld yang ditulis oleh Preston Gralla, Kamis (16/9/2010), berikut adalah kelima alasan tersebut.

IE9 Cukup Cepat

Jika dibanding IE8 atau Firefox 3.6, IE9 memang ‘berlari’ lebih cepat. Berdasar test benchmark JavaScript oleh SunSpider, browser terbaru Microsoft ini berlari lebih cepat sekitar enam kali dibanding rivalnya Firefox 3.6.

IE9 memiliki kecepatan 432 ms. Sementara sang rival Firefox 4 beta, hanya memiliki kecepatan 535 ms. Sayangnya IE9 masih lebih lambat dari Safari (387 ms), Opera (343 ms), dan Chrome (322 ms).


IE9 Tampilannya Lebih Menarik

Secara tampilan awal, IE9 sedikit mirip dengan Google Chrome atau Opera dengan tab-tab awal yang dimilikinya. Selain itu IE9 pun dilengkapi download manager yang baru.

Tak seperti versi-versi terdahulu yang penuh dengan opsi, tampilan IE9 kini lebih bersih. Hal ini karena bagian kolom URL berada sejajar dengan tab browser. Selain itu, IE9 memiliki notifikasi baru yang muncul di bagian bawah browser dengan lebih rapi.

Layaknya Google Chrome, pengguna juga dapat langsung melakukan pencarian pada kolom url IE9 saat toolbar Bing dinyalakan. Jika bosan toolbar itu pun bisa diganti dengan situs pencari lain macam Google.

IE9 Memiliki Peringatan Jika Performa Add-Ons Bermasalah

IE9 memiliki fitur yang bakal memperingatkan pengguna jika beban add-ons memperlambat kecepatan browsing. Beberapa browser lain seperti Firefox belum mengembangkan lebih lanjut fitur seperti ini.

IE9 Terintegerasi Dengan Windows 7

Bagi pengguna Windows 7, IE9 merupakan pasangan serasi. Pasalanya beberapa fitur IE9 memang didesain bagi penggunaan Windows 7, seperti fitur aero peek contohnya.

Saat IE9 dipasang pada taskbar Windows 7, cukup dengan klik kanan pengguna langsung bisa mengakses situs-situs kesayangan mereka, ataupun melakukan InPrivate browsing.


Dengan IE9, Surfing dan Searching Menjadi Satu

Microsoft memiliki fitur bernama One box. Layaknya Google Chrome, dengan fitur ini pengguna IE9 bisa melakukan pencarian ataupun browsing dalam satu bar.

Secara default, IE9 menggunakan mesin pencari Bing. Namun pengguna tetap bisa menggantinya dengan situs pencari lain.

sumber : detikInet