Bayi yang baru lahir bisa merasa bosan atau kesepian jika tidak ada interaksi dengan dirinya. Kondisi ini bisa merangsang timbulnya rasa stres pada bayi dan akan mempengaruhi perkembangan otaknya.

Sebaliknya jika bayi berada pada kondisi damai, maka ia tidak akan merasa bosan atau kesepian. Bermain merupakan salah satu kegiatan yang penting bagi bayi, karena bisa menciptakan suasana menyenangkan sambil memberi rangsangan pada bayi.

Namun bukan berarti orangtua bisa selalu mengajaknya bermain atau memberinya rangsangan secara bertubi-tubi. Karena hal ini bisa mengganggu waktunya untuk beristirahat serta ia tidak bisa memproses dengan baik rangsangan yang diterimanya.

Tentu saja memeluk, tersenyum dan mengajaknya berbicara secara perlahan bisa menjadi sumber rangsangan yang baik.

Selain itu ada tiga cara utama yang bisa dilakukan saat ‘bermain’ dengan bayi yang baru lahir dan juga memberinya rangsangan, seperti dikutip dari Babycenter, Kamis (16/9/2010), yaitu:

1. Usahakan untuk selalu membawa bayi kemanapun sang ibu pergi.
Memanjakan bayi dengan buaian atau meletakkannya di dekat sang ibu ketika melakukan pekerjaan rumah tangga, membaca atau menonton televisi akan membuatnya merasa selalu dekat dan nyaman. Kondisi ini akan menghindari bayi dari rasa stres dan orangtua tetap bisa mengajaknya bermain sambil bekerja.

2. Memberikan suasana yang sempurna bagi bayi saat ia sulit tidur.
Dengan menggendongnya, maka bayi akan merasakan irama gerakan orangtuanya yang sama baiknya dengan pijatan atau berdansa. Orangtua bisa menggunakan gendongan yang dapat menopang berat badan bayi sehingga ia merasa nyaman. Sambil menggendong bayi orangtua tetap bisa melakukan pekerjaan lain dan tetap bisa bermain atau dekat dengan bayinya yang baru lahir.

3. Memberikan bayi banyak hal baru dan berbeda untuk dilihat.
Salah satu cara sederhana untuk melakukan ini adalah mengajak bayi melihat beberapa tempat menarik. Pada awalnya mungkin bayi belum bisa melihat objek dengan jelas, tapi ia akan menikmati saat-saat bermain dengan tirai berwarna warni dan beraneka bentuk atau pohon-pohon yang bergoyang di halaman.

Hal-hal menarik yang ada di sekitar bisa dipertimbangan sebagai mainan yang baik untuk bayi yang baru lahir. Sebaiknya orangtua tidak membatasi mainan yang diberikan pada bayinya, tapi cobalah untuk menyelipkan hal-hal baru yang menyenangkan dan menarik bagi bayi.

sumber : detikhealth