Tubuh manusia menyimpan berbagai misteri yang mengagumkan. Semua koordinasi sel dan organ membuat tubuh menjalankan fungsi yang sempurna. Tapi ternyata suhu tubuh tidak menyebar secara merata. Bagian tubuh mana saja yang paling hangat dan paling dingin?

Suhu tubuh dipengaruhi oleh aliran darah yang menuju ke bagian tubuh tertentu. Semakin banyak darah yang mengalir ke bagian tubuh, maka bagian tersebut akan semakin hangat. Sebaliknya, jika semakin dikit akan makin dingin.

Dilansir Ehow, Jumat (24/9/2010), dengan hasil pengambilan gambar inframerah dari tubuh manusia bagian tubuh terhangat adalah:

  1. Daerah genital (kelamin) merupakan bagian tubuh yang terhangat
  2. Dada
  3. Ketiak dan kepala

Bagian-bagian ini mendapatkan pasokan darah yang banyak sehingga membuatnya selalu hangat.

Sedangkan bagian yang terdingin dari tubuh manusia adalah:

  1. Jari kaki
  2. Kaki
  3. Tangan

Bagian tubuh terdingin tersebut merupakan bagian tubuh yang paling sedikit mendapatkan pasokan darah. Ujung atau jari kaki merupakan bagian tubuh yang paling cepat merasakan dingin, karena merupakan bagian yang paling jauh dari jantung, yang memasok darah.

Selain aliran darah, suhu tubuh juga tergantung pada posisi tubuh. Seseorang yang sedang duduk atau menekuk kaki, maka jari kakinya akan terasa lebih dingin ketimbang orang yang sedang berdiri.

Posisi-posisi tubuh tertentu membuat aliran darah menuju bagian tubuh menjadi terhambat dan membuatnya lebih dingin ketimbang bagian tubuh yang mudah terjangkau oleh pembuluh darah.

Cara yang baik untuk mengatasi perubahan suhu di dalam tubuh adalah dengan melakukan beberapa peregangan ringan, berjalan cepat, menyentuh air yang hangat atau mengubah posisi tubuh agar aliran darah dapat berjalan lancar.

sumber : detikhealth