Gelombang otak Anda bisa menggerakkan berbagai ikon di layar gadget seperti iPhone atau iPad. Bagaimana mungkin? Rupanya, ini bisa dilakukan dengan sebuah alat bernama XWave. Setidaknya demikian klaim yang disampaikan tim pencipta XWave yang begitu ambisius.

Namun, Anda jangan membayangkan seseorang yang memejamkan mata, lalu mengangkat salah satu tangan ke udara seperti akan menyihir dan tangan lain memegang iPhone atau iPad yang dikontrol dengan pikirannya, bukan seperti itu.

Dilansir detikINET dari Cnet, Jumat (24/9/2010), XWave yang dikembangkan oleh tim dari perusahaan teknologi PLX Device memungkinkan pengguna mengendalikan iPhone atau iPad menggunakan bagian terdalam dari proses berpikir mereka.

Sayangnya, meski fungsinya terdengar keren, XWave yang berbentuk seperti headset ini memang terlihat kurang menarik saat dipakai. Seperti terlihat dalam video yang diposting PLX Device, pengguna yang memakainya akan terlihat seperti seseorang yang melakukan panggilan telemarketing. Terdapat bagian tambahan headset yang menempel pada kening, sehingga membuat pemakainya terlihat sedikit aneh dan lucu.

Namun demikian, tetap saja PLX Devices menyebutnya sebagai gadget unik nan cantik disertai tagline “XWave memungkinkan Anda mengontrol pikiran dan dunia di sekitarnya.”

XWave dirancang agar bisa mengindera gerakan elektrik yang diteruskan melalui tengkorak ke permukaan dahi kemudian mengubah sinyal analog ini kedalam bentuk sinyal digital.

Dengan cara ini, pengguna bisa menggunakan pikirannya untuk menggerakkan ikon yang tertera di layar iPhone atau iPad, misalnya saja menggerakkan bola naik turun pada layar iPad. Menarik bukan? ( rns / rns )

sumber : detikinet