Dengan majunya teknologi dan ilmu pengetahuan, makin banyak gedung-gedung pencakar langit yang dibangun. Padahal sesuai dengan teori Einstein, orang yang tinggal di tempat tinggi akan lebih cepat tua.

Peneliti telah menunjukkan bahwa salah satu dari teori relativitas Einstein juga bekerja pada tubuh manusia, yaitu semakin jauh dari bumi, maka waktu berjalan semakin cepat.

Dalam tubuh manusia, hal ini berarti bahwa semakin tinggi tempat tinggal seseorang (misalnya tinggal di lantai paling atas gedung percakar langit), maka orang tersebut akan lebih cepat tua ketimbang orang-orang yang tinggal di lantai bawah.

Temuan yang dilakukan oleh ilmuwan di Amerika Serikat ini menegaskan teori yang pertama diusulkan Einstein, bahwa waktu berjalan lebih cepat ketika semakin menjauh dari pusat bumi.

Walaupun konsep tersebut telah diterima selama bertahun-tahun, tapi sekarang perbedaan itu dapat diukur untuk pertama kalinya dengan akurasi yang luar biasa.

Dengan menggunakan sepasang jam yang paling akurat di dunia, seorang ahli fisika dari National Institute of Standards and Technology di Colorado menemukan bahwa berada di tempat yang lebih tinggi (jauh dari pusat bumi) akan membuat usia seseorang berjalan lebih cepat.

“Dengan mengambil beberapa langkah lebih tinggi ke atas, orang akan kehilangan 90 miliar detik dalam seumur hidup,” jelas James Chin-Wen Chou, peneliti dari National Institute of Standards and Technology, Colorado, seperti dilansir dari Telegraph, Jumat (24/9/2010).

Percobaan yang dilakukan Chou menggunakan jam atom ‘logika kuantum’ yang dapat menjaga waktu untuk dalam satu detik lebih dari 3,7 miliar tahun.

Selain melihat dampak pada manusia, temuan yang telah dipublikasikan pada jurnal Science ini juga akan digunakan untuk meningkatkan teknologi yang mengukur bumi dan medan gravitasi.

sumber : detikhealth