Sesuai jadwal, Research In Motion (RIM) baru saja menghadirkan tablet PC canggih yang siap menghadang Apple iPad dan Samsung Galaxy Tab. BlackBerry PlayBook, tablet PC perdana besutan RIM yang diluncurkan di sela BlackBerry Developer Conference (DevCon 2010).

Tak ada yang salah dengan langkah RIM menelurkan produk tablet PC. Meski lebih populer dengan perangkat BlackBerry-nya, sejumlah pihak menilai tablet PC berbasis Internet milik RIM cukup kuat dan mempunyai segmen tersendiri.

Memang, supaya terlihat menarik dan mampu bertahan di pasar, RIM perlu memutar otak untuk mengantarkan sebuah produk yang berbeda. Tak hanya sistem operasi tetapi juga fisik dan desainnya.

Ya, jika BlackBerry PlayBook disejajarkan dengan Galaxy Tab dan Apple iPad, perbedaan yang mencolok terletak pada ukuran ketiganya. BlackBerry PlayBook dan Galaxy Tab merasa cukup dengan layar sebesar 7-inci, sedangkan ukuran layar Apple iPad hampir 10-inci.

Jika Anda termasuk orang yang bermobilitas tinggi, Samsung Galaxy Tab dan BlackBerry Playbook lebih cocok karena ringan dan simpel. Tetapi, jika Anda menginginkan layar yang lebih besar, silakan pilih iPad. Semua tergantung selera masing-masing.

Namun, untuk resolusi dan ketajaman layar, Apple iPad masih juaranya. Produk itu hadir dengan resolusi 1024×768 piksel pada layar IPS 9,7-inci. Spesifikasi ini lebih tajam dibandingkan milik Galaxy Tab yang datang dengan layar sentuh WSVGA 7-inci kapasitif beresolusi 1024×600 piksel, maupun BlackBerry Playbook dengan layar TFT multi-touch screen sebesar 7-inci beresolusi 1024×600 piksel.

Bagi Anda yang masih bimbang, berikut perbandingan antara BlackBerry Playbook, Samsung Galaxy Tab, dan Apple iPad yang dilihat dari berbagai spesifikasi:

Perbandingan Tablet Internet BlackBerry Playbook Galaxy Tab Apple iPad
Prosesor 1GHz Dual Processor 1GHz Samsung Hummingbird 1GHz Apple A4
OS BlackBerry Tablet OS/QNX Android 2.2 Froyo iOS 4
Layar 7-inci, WSVGA, multi-touch screen 7-inci, TFT multitouch 9,7-inci, LED multitouch
Resolusi 1024×600 piksel 1024×600 piksel 1024×769 piksel
Berat 14 ons 13,4 ons 25,6 ons
Kapasitas Belum diketahui 32GB internal, microSD sampai 32GB 16GB, 32GB, atau 64GB
Wi-Fi Ada Ada Ada
Bluetooth Ada Ada Ada
Kamera belakang Ada (5MP)/HD Ada (3,2MP) Tidak ada
Kamera depan Ada (3MP)/HD Ada (1,3MP) Tidak ada
GPS Ada Ada Ada
Flash Video Belum diketahui Ada Tidak ada
Telepon Belum diketahui Ada Tidak ada
Kios Aplikasi BlackBerry App Store Android Market Apple App Store

Seperti yang Anda lihat, BlackBerry Playbook lebih unggul dari iPad dan Galaxy Tab di sisi kinerja, di mana RIM menyematkan dual-processor 1GHz untuk Playbook. Sementara itu, iPad lagi-lagi kalah telak dari BlackBerry Playbook dan Galaxy Tab di sisi kamera. Galaxy Tab dan Playbook masing-masing mempunyai dua kamera.

Perbandingan ini bisa terus berubah, seiring munculnya update untuk masing-masing OS. Kini, silakan Anda pilih tablet PC mana yang sesuai dengan kebutuhan dan bisa menunjang gaya hidup Anda. (bestblackerry.com) (art)

• VIVAnews