Tapi tanpa disadari orang sakit kadang melakukan kesalahan yang membuat rasa sakitnya bertambah parah. Ketahui 6 penyebab rasa sakit yang kian memburuk karena 6 kelakuan ini.

Rasa sakit atau nyeri kronis bisa timbul di pungggung, leher, pinggang atau bagian tubuh lain. Jika hanya dibiarkan saja akan membuat kondisinya memburuk dan lebih sulit diobati.

Dikutip dari HealthMSN, Jumat (29/10/2010) ada 6 perilaku yang membuat rasa sakit tersebut semakin memburuk, yaitu:

1. Membiarkan rasa sakit
Diperkirakan satu dari empat orang akan menunggu setidaknya selama 6 bulan sebelum berobat ke dokter, biasanya dengan cara mengobati dirinya sendiri menggunakan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas. Padahal jika sakit ini terus diabaikan bisa membuat otot melemah dan sendi mengeras. Usahakan untuk mencari bantuan dokter jika sakit terjadi hampir sebulan, karena pengobatan yang lebih awal akan lebih baik.

2. Mengunjungi berbagai dokter spesialis
Biasanya seseorang ingin rasa sakitnya cepat hilang sehingga akan mengunjungi berbagai dokter spesialis, tapi kondisi ini hanya akan membuang-buang waktu, uang dan menunda pengobatan. Sebaiknya cari tahu dimana pusat dari rasa sakitnya, lalu temukan dokter yang bisa berkoordinasi dengan perawatan lain misalnya mencari orthopedis untuk sakit punggung atau rheumatologis untuk arthritis dan fibrimyalgia.

3. Takut berolahraga atau melakukan aktivitas fisik
Penelitian demi penelitian menunjukkan bahwa latihan dapat mengurangi segala macam rasa sakit. Hal ini karena dapat memperkuat otot dan juga minyak sendi. Selain itu latihan dapat membuat tubuh mengeluarkan endorfin dan meningkatkan suasana hati (mood).

Mulailah dengan berjalan kaki atau melakukan kegiatan low impact lain selama 5-10 menit setiap hari, jika memungkinkan bisa berenang atau aerobik air terutama dalam air hangat sehingga memudahkan gerakan dan mengurangi kekakuan serta nyeri.

4. Memiliki pemikiran tentang pembedahan
Memiliki pemikiran seperti ini bisa membuat rasa sakit bertambah buruk. Padahal pengobatan untuk rasa sakit atau nyeri yang kronis bisa dilakukan dengan cara lain seperti mengonsumsi obat anti nyeri, melakukan terapi fisik (rehabilitasi) atau olahraga tertentu. Misalnya untuk sakit punggung bisa dilakukan kombinasi ketiganya selama 6 bulan sebelum membahas pilihan operasi.

5. Tidak mau mencoba pengobatan alami
Studi klinis menunjukkan bahwa akupuntur dapat mengurangi rasa sakit osteoartritis, linu di daerah panggul dan nyeri pinggang. Selain itu terapi biasanya juga membantu mempelajari jenis lain seperti relaksasi atau self hypnosis. Satu hal yang harus diperhatikan adalah pilihlah tempat yang terpercaya dan menggunakan alat-alat steril.

6. Mengalami depresi atau stres
Diperkirakan sekitar 54 persen orang dengan nyeri punggung kronis menderita depresi. Hal ini karena kondisi mental seseorang sangat terkait dengan bagaimana tubuh memproses dan memandang rasa sakit. Jika seseorang depresi atau stres akan mempengaruhi kualitas hidup seperti kurang tidur, berat badan menurun serta mengganggu pikiran yang membuat rasa sakit semakin terasa buruk.

sumber : detikhealth

Advertisements