Hanya dengan menggesekkan kartu, Anda sudah mendapatkan barang impian. Tapi tanpa sadar, diam-diam Anda mulai tenggelam dalam hutang kartu kredit.

Penggunaan kartu kredit kini semakin gencar dengan berbagai promosi dari berbagai penerbit kartu. Ada yang menawarkan berbagai diskon restoran, tempat belanja, hotel, sampai cicilan 0%. Bahkan tidak sedikit wanita yang kini juga mulai menggunakan kartu kredit untuk keperluan sehari-hari.

Walau punya banyak kartu kredit, tapi bukan lagi zamannya Anda menjadi ‘sloppy shopper’. Anda pun tidak perlu tertimbun dalam hutang kartu kredit. Ini tipsnya!

1. Hanya Gunakan Kartu Kredit untuk Pembelian Terencana
Hanya gunakan kartu kredit untuk pembelian yang sudah termasuk dalam budget reguler bulanan Anda. Dengan demikian Anda bisa membayar penuh hutang kartu kredit Anda dan terhindar dari kewajiban membayar bunga. Jangan gunakan lebih dari 75% dari limit kartu kredit Anda agar terhindar dari hutang dan catatan kredit Anda tetap bagus di bank Anda.

2. Gunakan Pinjaman Lunak Daripada Kartu Kredit
Bunga pinjaman lunak biasanya lebih rendah daripada bunga kartu kredit. Jika terpaksa melakukan pengeluaran dalam jumlah besar dan tidak bisa membayar dalam waktu cepat, lebih baik mencari pinjaman lunak atau pinjaman personal kepada bank. Pinjaman personal tidak menggunakan perhitungan bunga berbunga seperti pada umumnya kartu kredit. Pastikan jumlah cicilan bulanan yang tidak lebih dari sepertiga pendapatan Anda atau minta jangka waktu cicilan yang lebih panjang.

3. Catat Penggunaan
Tidak mengingat berapa jumlah yang telah dibelanjakan menjadi awal dari bencana yang disebabkan kartu kredit. Pastikan Anda selalu menyimpan struk pembelanjaan dan mencatat setiap transaksi dalam catatan belanja. Jika penggunaan kartu kredit Anda bisa dipantau lewat situs personal banking, jangan lupa membuka situs tersebut untuk melihat jumlah pembelanjaan Anda setiap minggunya.

4. Selalu Gunakan Debit Card
Berbelanjalah dengan bijak, gunakan uang yang tersedia untuk membeli barang yang Anda inginkan. Jika terpaksa menggunakan kartu kredit, pastikan Anda bisa melunasi hutangnya secara penuh pada saat tagihan datang. Trik lainnya jika tetap ingin menggunakan kartu kredit adalah, setelah gajian, masukan uang budget belanja Anda ke dalam kartu kredit. Jangan gunakan kartu kredit lebih dari jumlah uang yang Anda telah setorkan.

5. Kurangi Kartu Kredit Anda
Intinya, jangan memiliki terlalu banyak kartu kredit untuk terhindar dari hutang. Susah memang ketika memilih mana yang harus dibuang. Kartu A diskon di restoran X, kartu B diskon di dept. store P, sedangkan kartu C diskon di coffee shop Z. Lalu mana yang Anda buang? Pikirkan lagi, apakah Anda tiap hari minum kopi di coffee shop Z, apakah Anda tiap hari makan di restoran X? Pilih kartu kredit yang memberi paling banyak keuntungan pada pengeluaran reguler Anda.

 

sumber : wolipop.com