Melihat bayi yang tersenyum pasti akan membuat orang disekitarnya senang. Ternyata bayi yang baru lahir lebih menyukai wajah-wajah yang menarik. Wajah seperti apa yang disukai bayi?

Alan Slater dan rekannya dari University of Exeter menunjukkan bahwa bayi akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat wajah yang menarik, sehingga bisa membuatnya tersenyum atau bahkan tertawa.

Selain wajah, bayi juga memiliki ketertarikan terhadap benda-benda tertentu seperti gambar dengan warna kontras tinggi, benda-benda melengkung dan bentuk fisiologis yang salah satunya berasal dari mimik wajah seseorang.

Bayi yang tersenyum atau tertawa memiliki peran penting dalam hal perkembangan emosional dan sosialnya. Selain itu senyum dan tawa merupakan cara seorang bayi memiliki hubungan yang positif dengan orang-orang serta memiliki perasaan bahagia dan puas.

Seperti dikutip dari eHow, Selasa (2/11/2010) ada beberapa ekspresi wajah yang disukai bayi sehingga bisa membuatnya tersenyum atau tertawa, yaitu:
1. Bayi menyukai wajah yang tersenyum
Karenanya jika ingin bermain dengan bayi jangan lupa untuk selalu tersenyum sambil melembutkan pandangan mata dan juga wajah rileks.

2. Bayi menyukai wajah yang alami dan tidak dibuat-buat.
Jika seseorang memberikan senyuman setengah hati maka bayi akan terlihat menjauh atau hanya memberikan tatapan kosong saja.

3. Bayi menyukai sedikit kejutan seperti acungan jempol atau memberikan kedipan.
Jika bertemu bayi cobalah melihat langsung ke matanya, merilekskan alis, menarik napas panjang dan tersenyum sambil memberikan sedikit kejutan seperti kedipan mata atau acungan jempol. Sebaiknya tidak perlu malu-malu jika bertemu bayi.

4. Menunjukkan beberapa gaya wajah menggoda.
Beberapa bayi menyukai wajah yang menggodanya, seperti permainan mengintip, memanggilnya dengan suara lembut atau wajah tersenyum sambil mengangkat alis.

5. Tunjukkan ekspresi wajah-wajah lucu.
Umumnya bayi menyukai wajah yang ekspresif seperti menggerakkan hidung dan telinga secara bersamaan, ekspresi wajah yang pura-pura kaget atau bermain-main dengan menggunakan wajah lucu.

Jika ingin bermain-main atau membuat bayi tersenyum dan tertawa, janganlah menunjukkan wajah seram atau menakutkan dihadapannya karena akan membuatnya takut, menangis atau tidak mau lagi bermain dengan Anda.

sumber : detikhealth