Apakah itu garis trend? Garis trend adalah garis yg menunjukan kecenderungan pergerakan harga.
Garis trend terdiri dari 3 arah kecenderungan pergerakan harga yaitu uptrend (kecenderungan harga naik), downtrend (kecenderungan harga turun) dan sideway atau disebut juga trendless (tidak ada kecenderungan harga). Seperti yg tampak pada gambar berikut :
Didalam masing2 trend tersebut dibagi lagi menjadi 3 bagian yaitu major trend, middle trend dan minor trend. Yang terpenting dr ketiganya adl major trend atau trend utama. Kemudian trend yg lebih kecil didalamnya adl middle trend lalu minor trend sbg trend terkecil yg terkandung dalam middle trend. Untuk lebih jelas bisa melihat gambar berikut :Setelah memahami bahasan diatas, sekarang kita bahas bagaimana cara membuat garis trend. Cara menarik garis trend utk uptrend dan downtrend ada perbedaan. Untuk uptrend kita tarik garis dengan menyambungkan titik low 1 dengan titik higher lows 2, sedangkan untuk menarik garis dowtrend kita sambungkan titik high 1 dengan titik lower high berikutnya. Seperti tampak pada gambar berikut :

UPTREND

DOWNTREND

Setelah dapat memahami cara membuat garis downtrend dan uptrend spt diatas, sekarang kita coba buat channel linenya… Apakah itu channel line ? Channel line adl range batas atas dan batas bawah dalam pergerakan harga atau anda bisa membayangkan seperti sebuah pipa.. Cara membuat channel line tidak terlalu sulit yaitu tarik garis pararel dr garis uptrend atau downtrend yg anda buat tadi dan tempatkan pd batas atas atau batas bawah pergerakan harga.. Seperti tampak pada gambar :

Didalam sebuah major trend selalu ada naik dan turun, baik itu middle trend maupun minor trendnya… Oleh karenanya jadikanlah trend teman anda..
Akhirnya selesai juga.. Semoga sharing saya ini berguna buat temen semua..
Didalam sebuah chart selalu ada cerita yg terkandung didalamnya krn chart adl lukisan sejarah perusahaan dalam nilai2 angka… Kira2 apabila anda diizinkan untuk bercerita dr lukisan chart berikut, Apakah yg anda ingin ceritakan ?

Selamat Belajar….

sumber : http://jsxsniper.blogspot.com/2010/11/cara-melukis-garis-trend.html