Tak bisa dipungkiri hampir semua bayi pasti akan menunjukkan ekspresi senang atau terkejut ketika dihadapkan pada sebuah cermin. Kenapa bayi-bayi suka sekali mengaca?

Ketika bayi diperlihatkan di depan cermin, maka ia akan menunjukkan ekspresi terkejut melihat refleksi dirinya. Ia akan memandangi gambar bayi dicermin yang mirip dengannya tapi ia tidak menyadari bahwa itu adalah dirinya sendiri.

“Pada umumnya bayi senang melihat wajah-wajah atau ekspresi tertentu, terutama ekspresi yang menyenangkan,” ujar Dr Ari Brown, seorang dokter anak dan penulis buku Baby 411: Clear Answers and Smart Advice for Your Baby’s First Year, seperti dikutip dari Babytoday, Selasa (16/11/2010).

Ketika bayi melihat di cermin, ia tidak sadar kalau wajah itu adalah dirinya sendiri maka ia akan berusaha untuk tersenyum, tertawa dan menunjukkan wajah yang ekspresif. Hal ini akan menjadikan cermin sebagai mainan favorit hampir pada semua bayi.

Bayi sangat menyukai wajah-wajah manusia yang menarik, bahkan dengan wajahnya sendiri. Namun pada saat usianya mencapai 9 bulan, ia akan mulai menyadari dan mengerti bahwa wajah yang dicermin tersebut adalah dirinya sendiri.

Dr Brown menuturkan tak lama setelah kelahiran, bayi yang baru lahir akan fokus pada wajah atau sesuatu yang dekat dengan jarak tak lebih dari 30 cm. Lalu ketika ia berusia 6-8 minggu, bayi sudah mulai bisa meniru ekspresi wajah dan melihat wajahnya di cermin.

“Interaksi sederhana bayi dengan cermin bisa mengembangkan keterampilannya, serta bisa mendorong keterlibatan sosial dan interaksi dengan orang lain. Setiap orang belajar untuk membaca wajah orang dan ekspresinya, begitu pun dengan bayi yang belajar melalui cermin,” ujar Dr Brown.

Orangtua bisa bermain dengan cermin yang menempel di dinding sambil menggendong bayinya sehingga ia dapat berkomunikasi dengan si kecil seperti, ‘Siapa itu bayi yang ada dicermin?’

Satu hal yang harus diperhatikan orangtua ketika ingin bermain dengan cermin adalah pastikan posisi cermin berada dalam tempat yang aman, menghindari ujung-ujung cermin yang tajam dan tetap menjaga kenyamanan bayi.

sumber : detikhealth