Pasar ponsel dunia saat ini sudah kebanjiran smartphone yang terdiri dari berbagai platform. Ada yang mengusung bendera Android, Windows Phone, BlackBerry OS, iOS, dan Web OS. Namun jika dipilih, kira-kira mana yang bisa dibilang menjadi unggulan dari setiap kelasnya.

Berikut smartphone terbaik dari tiap platform pilihan situs teknologi Gizmodo yang dikutip detikINET, Rabu (1/11/2010):

iOS: iPhone 4
Meski sempat menuai kontroversi di awal kelahirannya lantaran dilaporkan bermasalah dari sisi antena dan penerimaan sinyal, iPhone 4 tetap saja masih menjadi telepon genggam Apple yang paling canggih.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya — iPhone 3GS — iPhone 4 telah mengalami peningkatan kemampuan dari sisi display, kamera, performa yang cepat, dan fitur terbaru. Salah satunya adalah FaceTime, sebuah fitur percakapan video milik iPhone 4 yang memanfaatkan jaringan Wi-Fi.

Android: Epic 4G dan HTC Incredible
Android menjadi kuat lantaran disokong oleh banyak vendor ponsel. Namun jika dipaksa untuk memilih yang terbaik, Gizmodo mendapuk Samsung Epic 4G dan HTC Incredible sebagai jawaranya.

Epic 4G dikatakan mampu mengakomodir kebutuhan pengguna yang membutuhkan ponsel layar sentuh dan keyboard qwerty. Ditambah dengan mampu berjalan di jaringan Wimax, membuat handset keluaran Samsung ini menjadi pilihan. Kamera dan layar super Amolednya juga dianggap menjadi nilai plus.

Sementara HTC Incredible disebut-sebut sebagai ponsel powerful. Fiturnya antara lain layar Amoled multitouch 3,7 inch, prosesor 1 Ghz Snapdragon, kamera 8 megapixel dengan dual-LED flash, Wi Fi dan GPS terintegrasi. Sistem operasinya Android 2.1 dengan user interface HTC Sense.

Windows Phone 7: Samsung Focus
Ponsel-ponsel yang mengusung Windows Phone 7 memang masih belum menjamur. Namun yang terbilang cukup menonjol adalah Samsung Focus. Layar Super Amoled handset ini dinilai Gizmodo bersinar dengan tampilan antarmuka yang mumpuni.

BlackBerry: BlackBerry Bold 9780
Untuk urusan seri layar sentuh, BlackBerry memang bukan jagonya. Namun jika dinilai sebagai smartphone untuk kelas bisnis, nama BlackBerry bisa dimunculkan paling depan dengan mengedepankan BlackBerry Bold. Nah, produk terbaru yang bakal segera melenggang adalah Bold 9780 alias Onyx 2.

Onyx 2 membawa beberapa perubahan dari seri Onyx yang pertama. Beberapa di antaranya dari sisi kamera yang digenjot menjadi 5 megapixel, baterai Li-Ion 1150 mAh, internal memory 256 MB dan RAM 512 MB, serta bisa dilengkapi external memory 16 GB.

Palm WebOS: Palm Pre 2
Di jajaran platform WebOS, Palm Pre 2 dimunculkan sebagai pilihan. Smartphone ini memang tidak terlalu membuat terobosan ketimbang seri sebelumnya. Namun telah menjalani berbagai perbaikan, mulai dari ‘otaknya’ yang sudah dijejali prosesor 1 Ghz, material casing yang didesain ulang, hingga performa baterai yang lebih tahan lama.

sumber : detikInet