Rasa kantuk sering dialami setelah makan siang. Menurut dr. Hiromi Shinya, seorang pakar enzim, rasa kantuk setelah makan siang merupakan hal normal. Alasannya adalah banyak enzim yang kita gunakan ketika bangun dan bergerak.

Memaksakan tubuh untuk tetap bergerak dan bekerja malah membuat Anda kurang berkonsentrasi dan tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Bila tubuh memberikan sinyal lelah atau ngantuk, sebaiknya turuti tanda tubuh tersebut.

Seperti dikutip dari medic magic, untuk memulihkan kondisi lemah dan letih tersebut, tubuh hanya membutuhkan waktu lima menit untuk mengembalikan kondisi semula. Agar istirahat yang Anda lakukan berjalan efektif, carilah tempat yang tenang, di mana Anda tidak akan terganggu. Setelah itu, ambil napas dalam-dalam dan bersantailah untuk merilekskan otot-otot dalam tubuh. Jika merasa ngantuk,
tidurlah sejenak.

Shinya menjelaskan bahwa tidur siang yang singkat merupakan kekuatan tidur yang efektif, karena hanya dalam lima menit atau paling banyak 30 menit, tubuh dapat kembali merasakan semangat yang penuh.

Menurut penulis buku the Miracle of enzyme, tubuh membutuhkan untuk melakukan homestatis atau pemulihan diri. Manfaatnya membuat kinerja kerja berlangsung efektif dan dapat berkonsentrasi dengan baik.

sumber : wolipop.com