Lama tidak menulis, tiba-tiba tadi kepikiran mengenai ketiga anakku. Lucu-lucu memang, ditengah rasa ingin tahu yang begitu tinggi mereka menanyakan segala sesuatu hal kepada kami kedua orangtuanya. Yang paling seru, saat si Kakak (Stella) dan si Abang (Stanley) nanyanya berbarengan, sedangkan si Adek (Steffi) lagi nangis. Hm, riuh banget suasana dirumah.

Terkadang kalau pas lagi mood enak banget meladeninya satu persatu, tapi kalau lagi ngga mood terkadang justru malah membuat mereka jadi kesal dan kecewa sehingga akhirnya pada complain. Seru dan seru dech pokoke.

Ketiga anakku ini kuberikan nama yang menurutku sangat indah, karena diinspirasi oleh suatu keinginan untuk bisa lebih baik, lebih berharga dan penuh dengan kemuliaan. Tidak sebentar untuk merumuskan nama buat ketiga anakku ini, karena masukan-masukan dari sekitar juga berusaha untuk diakomodir. Berbagai referensi diambil agar nama yang diputuskan dapat enak kedengarannya, tapi juga simple untuk diucapkan. Kalau dibilang sulit sih ngga, tapi ngga juga mudah.

Berikut ketiga nama anakku,

1. STELLA CECILIA HASIANNA

Stella berarti bintang, Cecilia berarti bijaksana, Hasianna berarti tersayang. Dalam pikiran saya, nama tersebut berarti : “Anak yang kelak menjadi bintang/pujaan yang disayangi karena kebijaksanaannya”.  Merupakan kombinasi dari Bahasa Latin, Italia dan Batak. Nama Cecilia ini sendiri dianugerahi oleh seorang sahabat lamaku, Ferry Boy. Sebuah sumbangan nama yang setelah digabungkan menjadi kombinasi yang indah.

My Stella, be a star!

 

2. STANLEY ALONSO VANTUANI

Stanley berarti Petarung, Alonso berarti Anugerah, Vantuani berarti Kado di masa tua. Nama Stanley ada nama mandatory untuk awalan St, sedangkan Alonso adalah kombinasi agar serasi dengan Vantuani. Ompungnya meminta diberikan nama Tuani, karena kelak nama itu yang akan disandangnya saat tua nanti. Nama Tuani inipun telah menjadi cita-cita Bapak/Ompungnya jika memiliki cucu laki-laki. Dan ternyata Tuhan maha baik, dihadiahkan-Nya seorang cucu laki-laki buat Ompungnya. Tuani ini memiliki banyak sekali makna dalam bahasa Batak, bisa berarti untunglah, masa tua, dan Tuan/pimpinan. Maka sempurnalah makna nama ini, “Lelaki petarung yang menjadi anugerah dimasa tua yang kelak jadi pemimpin

Nama ini merupakan kombinasi dari bahasa Inggris, Spanyol, Belanda dan Batak.

Stanleyku, namamu begitu indah, semoga menjadi inspirasi untuk menjadi seperti arti nama itu.

 

3. STEFFI DELLA QUESTA

Steffi berarti Mahkota, Della berarti Suci/Kemuliaan, Questa berarti Pemberi. Sebuah harapan besar dialamatkan ke nama ini, dimana dari nama ini diharapkan membawa berkah buat seluruh keluarga. Secara lengkap nama ini artinya “Mahkota suci yang kelak memberikan kemuliaan”. Anakku ini lahirnya di hari Minggu yang penuh dengan kesejukan. Kelahirannya seolah seperti seorang Mahkota yang turun di hari yang penuh kemuliaan. Nama ini merupakan kombinasi dari bahasa Jerman, Italia dan Prancis. Salah satu yang menjadi inspirasi dari nama ini adalah nama indah Chantal Della Concetta, presenter Berita TV yang berarti Bunda Suci Maria. Nama ini akan lebih enak diucapkan kalau dibaca secara Steffi de La Questa (rasa-rasa di Telenovela,hehe..)

 

Itulah arti dari nama ketiga anakku. Stella, Stanley dan Steffi, jadilah seperti apa yang dimaknai didalam nama kalian.. Capek kali Papa memikirkan nama-nama itu supaya terdengar indah,hehe.. Satu harapan buat nama-nama tsb, mudah-mudahan tidak terjadi kesalahan didalam penulisan di Surat-surat yang terkait dengan mereka, karena nama itu sedikit unik dan ternyata agak panjang apalagi kalau ditambahkan lagi SIMALANGO.