Seorang peneliti dan ahli neuropsikologi bernama Roger Wolcott Sperry dari Hartford USA menemukan bahwa otak manusia terdiri dari dua bagian yaitu otak kiri dan otak kanan. Kedua bagian tersebut memiliki fungsi praktis dan terspesialisasi yang keduanya tidak tergantung satu sama lain. Dan atas penemuannya tersebut ditahun 1981 dia memperoleh hadiah nobel dalam bidang medis.

Otak kanan lebih banyak berfungsi dalam hal persamaan, tolak ukur kreatifitas seseorang, musik, khayalan warna dan emosi. Daya ingat otak kanan akan bertahan lama karena bagian ini menyimpan banyak hal misalnya ingatan dan impian.

Sedangkan otak kiri lebih banyak berfungsi dalam hal logika, matematika, angka-angka, perhitungan, tulisan maupun bahasa. Daya ingat otak kiri bersifat lebih pendek karena hal yang perlu diingat tidak berkaitan dengan emosi manusia.

Walapun keduanya memiliki fungsi yang berbeda, setiap individu cenderung mengutamakan salah satuk bagian dibanding bagian yang lain. Hal ini akan terus terbawa pada diri seseorang dalam menjalani hidup.

Jika ingin mengetahui bagian mana dari otak anda yang paling dominan, apakah otak kanan atau otak kiri?

Lihat gambar ini dan baca katakan warna asli yang anda lihat.

Jangan sekali-kali membaca tulisannya..!!

Otak Kiri dan Otak Kanan Manusia Image

Otak kanan akan mencoba mengatakan warna asli dari tulisan tersebut, sedangkan otak kiri anda bersikeras untuk membaca tulisan yang ada.

Coba sekali lagi dengan gambar di bawah ini. Sebutkan bentuk fisik dari gambar yang ada, jangan baca tulisan di dalamnya.

Otak Kiri dan Otak Kanan Manusia Image

Walapun anda bukan Roger Sperry anda bisa menerka, bagian otak mana yang paling dominan dalam diri anda. Apakah otak kanan atau otak kiri..??