Untuk menurunkan berat badan, orang perlu membakar kalori lebih banyak ketimbang kalori yang dimasukkan ke dalam tubuh. Tapi kebanyakan orang tak punya waktu untuk melakukannya. Lantas bagaimana caranya membakar kalori dengan sedikit waktu?

Jadwal yang padat dan kesibukan kerja membuat orang tak punya cukup waktu untuk berolahraga dan membakar kalori. Tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membakar kalori dengan waktu sedikit.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membakar kalori dengan sedikit waktu, seperti dilansir Lifemojo, Senin (6/6/2011):

1. Makan sedikit tapi sering
Makan dengan porsi kecil dan bergizi tiap 3 sampai 4 jam akan menjaga metabolisme berjalan lancar dan efisien, yang pada gilirannya membantu tubuh untuk membakar kalori lebih banyak.

2. Jangan melewatkan waktu sarapan
Jangan pernah melewatkan waktu sarapan bila Anda tak ingin gemuk. Semakin pagi Anda makan, maka semakin pagi juga tubuh untuk mulai membakar kalori. Tapi jangan lupa untuk memilih sarapan yang sehat.

3. Mengurangi suhu
Suhu yang dingin dapat membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak energi untuk menjadi hangat, yang pada gilirannya membuat tubuh membakar lebih banyak kalori.

4. Makan pedas
Makan makanan yang pedas dapat membantu mempercepat metabolisme lebih cepat. Cabai secara alami mengandung bahan kimia dan senyawa yang disebut Capsaicin, yang dapat meningkatkan proses pembakaran lemak dalam tubuh. Tapi perlu diperhatikan juga apakah perut Anda sensitif dengan makanan pedas.

5. Makan lebih banyak protein
Makan protein pada setiap kali makan dan sebagai bagian dari camilan akan meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar setiap hari. Makan protein juga membantu untuk mencegah hilangnya otot saat diet.

6. Mengayunkan tangan saat berjalan
Ini mungkin tampak sepele, tapi mengayunkan tangan saat berjalan dapat membantu membakar kalori sekitar 5-10 persen. Mengayunkan tangan saat berjalan juga melibatkan banyak otot sehingga bisa menjadi latihan aerobik yang sederhana.

sumber : detikHealth