Umumnya laki-laki tidak terlalu peduli dengan apa yang terjadi pada tubuhnya. Tapi ada beberapa masalah yang muncul pada tubuh laki-laki dan terkadang bisa membuatnya malu.

Berikut ini beberapa masalah atau gangguan yang terjadi pada tubuh laki-laki, seperti dikutip dari WebMD, Senin (6/6/2011) yaitu:

Rambut di punggung
Pada usia pertengahan 20-an tahun biasanya akan muncul rambut di punggungnya baik dalam jumlah sedikit atau banyak. Kondisi ini kadang bisa membuat laki-laki menjadi tidak percaya diri.

Perut buncit
Laki-laki memang lebih mudah menumpuk lemak di sekitar pinggang sehingga memicu terjadinya perut buncit. Sayangnya kondisi ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung serta diabetes terutama jika lebih dari 40 inci.

Keringat berlebih
Faktanya laki-laki akan mengeluarkan keringat lebih banyak dibandingkan dengan perempuan, biasanya dapat terlihat di ketiak, telapak tangan atau telapak kaki. Pada situasi tertentu hal ini bisa memalukan.

Benjolan akibat mencukur rambut
Kondisi ini terbentuk ketika rambut ikal yang tumbuh di kulit masuk kembali ke dalam tubuh dan tumbuh di dalam kulit, biasanya terjadi pada ras Amerika-Afrika. Untuk mencegahnya berikan usapan air hangat atau mengoleskan gel yang tebal sebelum mencukur.

Kebotakan
Umumnya pada laki-laki rambut akan terlihat lebih tipis pada usia 35 tahun. Pola kebotakan yang muncul dimulai dari kepala bagian depan dan berlanjut hingga ke bagian atas kepala. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah pengaruh faktor genetik.

Mendengkur
Mendengkur bisa mengganggu pasangan yang sedang tidur dan laki-laki lebih cenderung menjadi pelakunya. Dalam kebanyakan kasus mendengkur tidak bahaya, tapi jika sudah mengganggu pola tidur, sebaiknya segera hubungi dokter.

Masalah seksual
Sebagian besar laki-laki memang tidak ingin membahas masalah seksualnya, tapi hampir sepertiga laki-laki pernah mengalaminya termasuk menurunnya libido, ejakulasi dini atau disfungsi ereksi. Beberapa faktor bisa menjadi penyebabnya seperti diabetes, penyakit jantung, kondisi neurologis, merokok, gangguan sirkulasi dan beberapa obat tertentu.

Pembesaran prostat
Pembesaran prostat atau dalam istilah medis disebut dengan benign prostatic hyperplasia (BPH) adalah terjadinya pembesaran kelenjar yang mengelilingi uretra yang membuat ia sulit atau sakit saat buang air kecil. Kondisi ini umumnya banyak terjadi pada laki-laki usia lanjut.

sumber : detikHealth